Indomie Dinobatkan Sebagai Global Halal Brand 2024
Jakarta, Gatranews.id – Indomie, produk mi instan dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, menerima penghargaan sebagai Global Halal Brand 2024 dalam kategori mi instan. Penghargaan tersebut diberikan oleh IHATEC Marketing Research dalam acara Top Halal Award 2024 di JS Luwansa, Jakarta Selatan, pada 16 Oktober 2024 lalu.
Direktur IHATEC Marketing Research, Evrin Lutfika menyerahkan penghargaan tersebut kepada Ketua Sekretariat Halal Grup Indofood, Agus Suprapta. Menurut Evrin, penghargaan ini bertujuan mendorong perusahaan untuk menjadikan halal sebagai keunggulan utama serta membantu konsumen memilih merek halal yang unggul dan terpercaya.
“Top Halal Award adalah untuk mendorong perusahaan agar menjadikan halal sebagai keunggulan utama. Serta membantu konsumen dalam memilih merek halal unggulan dan terpercaya yang mampu meningkatkan peluang penjualan,” ujar Evrin.
Ia menambahkan bahwa tahun ini IHATEC Marketing Research memberikan penghargaan untuk kategori mi instan, permen, kopi bubuk, kacang, kedai kopi, dan kosmetik.
Baca juga: IKEA Perkenalkan Koleksi Terbatas SKOGSDUVA untuk Anak-Anak
Agus Suprapta menyampaikan rasa bangga atas penghargaan yang diberikan kepada Indomie. Penghargaan ini disebutnya sebagai bentuk cinta dari para penggemar Indomie di seluruh dunia.
“Kami bersyukur Indomie disukai juga di negara-negara lainnya. Ini akan menjadi semangat bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik dalam rasa dan kualitas produk halal kepada konsumen,” ujarnya.
Penilaian Berdasarkan Survei Internasional
Penilaian penghargaan ini berdasarkan survei kepada responden di 27 negara. Termasuk 12 negara di Asia, delapan negara di Eropa, serta Turki. Kemudian, Amerika Serikat, Brasil, Australia, Selandia Baru, Nigeria, dan Afrika Selatan. Data dikumpulkan pada Agustus 2024 melalui survei daring, yang menanyakan produk halal asal Indonesia yang tersedia di pasar global.
Penghargaan Global Halal Brand didasarkan pada dua elemen, yaitu elemen brand dan elemen halal. Elemen brand mencakup tiga parameter: kesadaran merek halal, penggunaan merek halal, dan niat membeli di masa depan. Sementara elemen halal mengukur keyakinan konsumen terhadap kehalalan produk yang terakhir dibeli.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam ekonomi halal. Menurutnya, pengembangan ekonomi halal akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja baru di Indonesia.
“Untuk terus mendukung para pelaku industri halal dan terwujudnya visi Indonesia menjadi produsen halal terkemuka di dunia diperlukan strategi kolaborasi yang efektif, inovatif, dan berkelanjutan. Melalui upaya-upaya seperti mendorong business matching, industri hulu dan hilir, perluasan akses pasar, serta dukungan ekspor produk,” ungkap Sandiaga.
PT Indofood CBP memastikan bahwa produk-produknya telah memenuhi persyaratan halal yang ditetapkan pemerintah bersama MUI. Seluruh produk makanan yang diproduksi oleh Grup Indofood telah memperoleh Sertifikat Halal dan menerapkan Sistem Jaminan Produk Halal.