February 12, 2025

Wamenperin: IKM Harus Kuasai Pasar Nasional Lewat Produk Unggulan

  • November 14, 2024
  • 2 min read
Wamenperin: IKM Harus Kuasai Pasar Nasional Lewat Produk Unggulan

Jakarta, Gatranews.idKementerian Perindustrian terus mendorong industri kecil dan menengah (IKM) untuk meningkatkan daya saing dan menguasai pasar dalam negeri. Wakil Menteri Perindustrian Faisol Riza menegaskan bahwa produk IKM harus berkualitas tinggi agar mampu bersaing dengan produk impor.

“Jika produk IKM semakin inovatif dan berkualitas, mereka bisa lebih kompetitif di pasar domestik, bahkan internasional,” ujar Faisol dalam acara Gebyar IKMA 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (14/11).

IKM di Indonesia tercatat memiliki peran besar dalam perekonomian. Menurut Faisol, IKM saat ini mencakup 4,52 juta unit usaha. Menyerap lebih dari 12 juta tenaga kerja, dan berkontribusi 20,97% dari total output industri. 

Gebyar IKMA 2024: Pameran dan Business Matching

Gebyar IKMA 2024 diselenggarakan Kemenperin melalui Ditjen IKMA pada 12-17 November di Mal Kota Kasablanka, Jakarta. Acara ini menghadirkan 137 produk unggulan IKM dari berbagai sektor, mulai dari makanan, minuman, fesyen, hingga teknologi startup.

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita menyampaikan bahwa Gebyar IKMA 2024 juga menggelar sesi Business Matching pada 12-13 November. Sesi ini mempertemukan 140 IKM dengan 97 calon mitra bisnis untuk membangun kemitraan dan meningkatkan akses pasar bagi produk IKM.

“Business Matching ini membuka peluang kerja sama langsung antara IKM dan calon pembeli untuk mendukung IKM naik kelas,” ujar Reni.

Gebyar IKMA 2024 juga menjadi momen penghargaan bagi 29 IKM berprestasi dalam berbagai kompetisi. Seperti One Village One Product (OVOP), Indonesia Food Innovation (IFI), dan Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA). Ajang ini diharapkan memotivasi lebih banyak IKM untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produknya.

Reni menambahkan, kegiatan Gebyar IKMA merupakan bagian dari upaya Kemenperin mendorong IKM untuk bersaing di era global dan beradaptasi dengan tren Industri 4.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *