Tokopedia dan ShopTokopedia Dukung UMKM Lokal dari Sumatra, Jawa, hingga Sulawesi dalam Peringatan Hari Pahlawan
Jakarta, Gatranews.id – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia berkolaborasi untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal yang berperan sebagai pahlawan ekonomi di Indonesia. Inisiatif ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM dan mendukung ekonomi nasional melalui teknologi dan berbagai kampanye inovatif di platform ShopTokopedia di aplikasi TikTok.
Menurut Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, tema perayaan tahun ini, “Teladani Pahlawanmu, Cintai Negerimu,” menginspirasi Tokopedia untuk memperluas akses bagi UMKM agar menjangkau lebih banyak konsumen. Beberapa contoh UMKM yang mendapatkan manfaat dari kolaborasi ini adalah Nifty Twice asal Bandung, Jawa Barat, Sulawesi Central dari Makassar, dan Emak CW dari Pekanbaru, Riau. “Ketiga UMKM ini menjadi contoh bagaimana usaha lokal dapat menggerakkan ekonomi dengan memberdayakan masyarakat setempat,” kata Aditia dalam konferensi virtual pada Jumat (8/11).
Tokopedia dan ShopTokopedia menyediakan berbagai kampanye seperti Beli Lokal untuk mendorong produk lokal, Promo Guncang setiap tanggal kembar, serta Tokopedia NYAM! dan Selalu Jadi Syantik yang mendukung pelaku usaha di kategori makanan dan kecantikan. Lewat Tokopedia, Emak CW mencatat omzet puluhan juta rupiah dari produk unggulan seperti kerupuk kulit ikan dan keripik singkong. Dengan menggunakan fitur live streaming di ShopTokopedia, Emak CW bisa menerima ribuan pesanan dalam sekali siaran.
Di Makassar, Harmin, pendiri Toko Sulawesi Central, mengungkapkan bahwa partisipasinya dalam kampanye Beli Lokal meningkatkan penjualannya hingga lima kali lipat. Melalui ShopTokopedia, ia berhasil menarik pembeli dari seluruh Indonesia, termasuk wilayah pedalaman, berkat fitur live streaming dan pemasaran digital yang efektif.
Live Streaming Tokopedia dan ShopTokopedia Tingkatkan Penjualan UMKM
Survei Indonesia E-commerce Trends 2023 menunjukkan bahwa 87% responden pernah menonton siaran langsung dan 77% di antaranya bertransaksi melalui fitur ini. Hal ini mencerminkan peluang besar bagi UMKM untuk memanfaatkan live streaming sebagai strategi pemasaran. Aditia menyebutkan bahwa fitur live streaming juga menjadi salah satu langkah bagi Tokopedia untuk mendukung UMKM yang memainkan peran penting dalam ekonomi negara. UMKM sendiri berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia.
Tokopedia dan ShopTokopedia juga menyediakan berbagai materi edukasi serta pelatihan yang dapat diakses di Pusat Edukasi Seller Tokopedia dan ShopTokopedia Academy guna mempermudah UMKM dalam menjalankan strategi pemasaran digital.
Memanfaatkan Kreativitas dalam Pemasaran dengan ShopTokopedia
UMKM seperti Nifty Twice juga telah memaksimalkan fitur ShopTokopedia untuk memperluas pasar. Dengan menggunakan live streaming dan bekerja sama dengan creator affiliate, produk mereka kini menjangkau pelanggan di seluruh Indonesia, seperti Aceh, Sulawesi, dan Kalimantan. Sekitar 50% penjualan mereka berasal dari kolaborasi ini, dengan omzet bulanan mencapai Rp100 juta.
Seiring kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia dengan para pelaku UMKM, semakin banyak produk lokal yang dikenal masyarakat luas di seluruh penjuru Indonesia. Peningkatan ini mendorong peran UMKM sebagai pahlawan ekonomi yang turut mendukung pembangunan negeri.