Ciputra Life Catatkan Pertumbuhan Premi 43% dan Peningkatan Laba 18 Kali Lipat Sepanjang 2023

Jakarta, Gatranews.id – PT Asuransi Ciputra Indonesia (Ciputra Life) berhasil meraih hasil yang sangat positif pada tahun 2023, dengan total pendapatan premi mencapai Rp 460,1 miliar. Pencapaian ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan sebesar 43% dibandingkan tahun sebelumnya.
Tren pertumbuhan ini terus berlanjut pada semester pertama tahun 2024, di mana Ciputra Life mencatat pendapatan premi sebesar Rp 295,1 miliar, mencatatkan kenaikan sebesar 46% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Sejak memulai operasinya pada tahun 2017, Ciputra Life, yang dipimpin oleh Hengky Djojosantoso, telah menunjukkan performa yang mengesankan dalam industri asuransi jiwa di Indonesia. Perusahaan ini berhasil mengukuhkan dirinya sebagai salah satu pemain utama dalam sektor ini.
Sebagian besar pencapaian pendapatan premi Ciputra Life didorong oleh produk Asuransi Jiwa Kredit. Produk ini dirancang untuk melindungi nasabah dari risiko terkait dengan kredit KPR dan kredit kendaraan bermotor.
Ciputra Life memasarkan produk ini melalui kemitraan strategis dengan lebih dari 20 bank dan perusahaan pembiayaan.
Selain Asuransi Jiwa Kredit, Ciputra Life juga menawarkan produk asuransi kesehatan dan jiwa tradisional yang dipasarkan melalui saluran telemarketing dan digital, termasuk program Ciputra Entrepreneurs Club.
Sebagai wujud komitmen perusahaan terhadap perlindungan dan layanan terbaik, Ciputra Life telah membayarkan klaim sebesar Rp 63 miliar sepanjang tahun 2023, meningkat 18% dibandingkan tahun sebelumnya.
Hengky Djojosantoso, Direktur Utama Ciputra Life, menyatakan, “Ciputra Life, yang baru berusia 7 tahun, berhasil mencetak laba komprehensif sebesar Rp8,45 miliar pada tahun 2023. Pada tahun 2022, Ciputra Life pertama kali mencatatkan laba komprehensif sebesar Rp460 juta.
Ini menjadikan Ciputra Life sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa baru di Indonesia yang tercepat dalam mencapai laba bersih.”
“Tren positif dalam pertumbuhan laba komprehensif ini terus berlanjut pada semester pertama tahun 2024. Di tengah kondisi pasar saham dan obligasi yang penuh tekanan, Ciputra Life berhasil mencatatkan laba komprehensif sebesar Rp 10,85 miliar pada akhir Juni 2024, meningkat 127% dibandingkan dengan semester pertama tahun 2023.” tambah Hengky.
Sejalan dengan pertumbuhan pendapatan premi dan laba yang positif, Ciputra Life tetap menjaga rasio kecukupan modal yang solid, tercermin dari pencapaian Risk-Based Capital Ratio (RBC) sebesar 262% pada akhir tahun 2023, jauh di atas ketentuan minimum yang ditetapkan oleh regulator sebesar 120%. Ini memberikan fondasi yang kuat bagi Ciputra Life untuk terus berkembang dan memperluas bisnisnya.
Baru-baru ini, Ciputra Life menerima penghargaan “The Best Performance Life Insurance Company” dari Infobank untuk kategori perusahaan asuransi jiwa dengan premi bruto antara Rp250 miliar hingga di bawah Rp1 triliun.
“Pencapaian ini merupakan hasil dari upaya bersama, kerja keras, dan kolaborasi antara semua pemangku kepentingan, termasuk karyawan, mitra bisnis, nasabah, dan pemegang saham. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua nasabah yang telah mempercayakan perlindungan mereka kepada Ciputra Life. Kami akan terus fokus untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan yang terbaik bagi nasabah dan mitra bisnis.” ungkap Hengky.
Peluncuran Ciputra Medical Insurance
Dalam upaya memperluas jangkauan layanan dan memenuhi kebutuhan pasar yang lebih luas, Ciputra Life dengan bangga meluncurkan produk baru, Ciputra Medical Insurance. Produk ini merupakan asuransi kesehatan kumpulan yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam memastikan perlindungan kesehatan yang optimal bagi seluruh karyawan mereka.

Ciputra Medical Insurance menawarkan berbagai manfaat komprehensif dan fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta anggaran perusahaan, mencakup perlindungan kesehatan 24 jam termasuk rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, persalinan, dan kacamata.
Produk ini juga menyederhanakan proses administrasi kesehatan karyawan serta mempermudah monitoring dan pengendalian biaya kesehatan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas karyawan serta memperbaiki citra perusahaan di mata para pemangku kepentingan. Karyawan yang merasa aman dan nyaman dalam bekerja tentunya merupakan aset berharga bagi perusahaan.
Peluncuran Ciputra Medical Insurance diresmikan dengan penyerahan simbolis polis kepada Ibu Junita Ciputra, mewakili pemegang polis dari PT Ciputra Development Tbk dan Komisaris Utama Ciputra Life. Langkah ini menegaskan komitmen Ciputra Life untuk memberikan perlindungan kesehatan yang terbaik kepada hampir 10.000 karyawan dan keluarga Ciputra Group.
Direktur Ciputra Life, Listianawati, dalam konferensi pers dengan media, menyampaikan keyakinannya bahwa produk terbaru ini akan diterima dengan baik oleh pasar. “Visi Ciputra Life adalah untuk membangun masa depan yang lebih baik. Untuk itu, Ciputra Life selalu berkomitmen untuk melakukan inovasi, meningkatkan produk dan layanan berkualitas, serta memberikan nilai tambah bagi nasabah, baik individu maupun korporasi,” tutup Listianawati.