Tokopedia dan PMO Kopi Nusantara Jalin Kerja Sama Dorong Budidaya Kopi Berkelanjutan

Jakarta, Gatranews.id – Tokopedia resmi mengumumkan kerja sama strategis dengan Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara yang berada di bawah Kementerian BUMN. Kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung budidaya kopi berkelanjutan serta memperluas pemasaran produk kopi spesial di Indonesia.
Pengumuman ini disampaikan oleh President Director Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, bersama Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin Indrajad Hattari, dalam acara “Festival Beli Lokal” yang diadakan oleh Tokopedia pada 25 Agustus 2024 di Plaza Timur Gelora Bung Karno, Jakarta.
Sejak lama, Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan perhatian besar pada sektor pertanian, termasuk kopi sebagai salah satu komoditas utama.
Pada awal 2022, Erick Thohir meluncurkan PMO Kopi Nusantara sebagai wadah kolaborasi antara BUMN dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendukung pengembangan ekosistem kopi Indonesia yang berkelanjutan dari hulu ke hilir.
Melalui sinergi BUMN dalam skema Makmur, petani yang dibina oleh PMO Kopi Nusantara dapat meningkatkan produktivitas hingga 48% berkat penggunaan perawatan dan pemupukan yang sesuai dengan rekomendasi dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) serta dukungan dari Pupuk Indonesia.
Selain itu, para petani juga mendapatkan akses lebih mudah terhadap pembiayaan dari BRI dan BNI.
Dalam hal pengolahan, PTPN menyediakan satu pabrik berkapasitas 150 ton per hari di Jawa Timur untuk memproses hasil panen petani kopi di lahan Perhutani sekitar Kawah Ijen.
Berbagai pelatihan pascapanen juga diselenggarakan oleh berbagai pihak, termasuk Puslitkoka dan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI).
Para petani dapat menjual biji kopi mereka kepada ID FOOD yang telah memiliki pasar internasional. Kenaikan harga kopi dalam dua tahun terakhir menjadi berkah tersendiri bagi para petani.
Di sektor hilir, PMO Kopi Nusantara bersama Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) terus mendukung pengembangan talenta kopi terbaik Indonesia.
Sejak 2022, Indonesia telah melahirkan delapan juara dunia dalam kompetisi kopi, termasuk Mikael Jasin yang meraih juara pertama di World Barista Championship 2024 di Busan, Korea Selatan.
Bahkan, Indonesia akan menjadi tuan rumah acara internasional World of Coffee (WoC) pada tahun 2025.
Tokopedia Perkuat Dukungan Budidaya Kopi Berkelanjutan
Kolaborasi antara Tokopedia dan PMO Kopi Nusantara berfokus pada pemilihan lokasi yang berpotensi menjadi “hidden gems” dalam produksi kopi berkualitas di Indonesia.
Saat ini, Tokopedia telah bekerja sama dengan SCOPI dalam ekosistem PMO Kopi Nusantara untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan tentang pengolahan pascapanen serta peningkatan mutu biji kopi di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, yang telah dimulai pada Juni lalu dan akan diperluas ke daerah lain.
PMO Kopi Nusantara akan mengoordinasikan dukungan holistik bagi petani dalam ekosistem yang didukung oleh Tokopedia, mencakup rekomendasi dan akses terhadap input pertanian, pembiayaan, teknik budidaya, dan saluran pemasaran.
Beberapa mitra penting dalam upaya ini termasuk PTPN, BRI, BNI, Pupuk Indonesia, Perhutani, Puslitkoka, SCOPI, SCAI, Surveyor Indonesia, dan ID FOOD.
“Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan kopi Indonesia selalu memiliki cita rasa unggulan dengan kualitas premium,” ujar Melissa Siska Juminta, President Director Tokopedia dan TikTok E-commerce, dalam sambutannya di acara Festival Beli Lokal.
“Fokus kami juga pada pelatihan para petani dan membantu memasarkan produk mereka melalui Tokopedia agar semakin dikenal luas.” ujarnya.
Di sisi pemasaran, Tokopedia akan memberikan kurasi dan pendampingan kepada petani, kelompok tani, LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), dan UMKM dalam ekosistem PMO Kopi Nusantara untuk memasarkan produk mereka secara online.
Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas dan penjualan kopi spesial Indonesia baik di pasar domestik maupun internasional.
“Kekuatan Tokopedia terletak pada aspek pemasaran, yang akan memperkuat ekosistem bisnis yang telah kami bangun bersama,” kata Dwi Sutoro, Ketua PMO Kopi Nusantara.
Ia berharap kolaborasi ini dapat memberikan manfaat lebih banyak kepada para petani, yang merupakan pilar utama produksi kopi di Indonesia.